Ramadhan Hari Ke-16

Alhamdulillah bersyukur bisa merasakan nikmat hidup sehat di bulan Suci Ramadhan hingga memasuki hari yang ke-16 ini. Seneng sekaligus juga ngerasa cukup sedih jujur hehe. Ini Ramadhan pertama kalinya aku ngerasa sendiri. Ramadhan tahun ini memang jauh berbeda dari Ramadhan sebelumnya. Tahun lalu disini masih ada mba Aci. Tahun ini resmi sudah ketiga kakak-kakakku sudah dibawa suaminya masing-masing ke tempat perantauan mereka masing-masing mencari nafkah. Beginilah realita mencari nafkah. Antar keluarga dipisahkan oleh kota, bahkan pulau memang sudah menjadi hal yang lumrah. Sekarang di rumah hanya tinggal ada aku dan mamah aja. Merasakan kesepian? Iyalah wajar manusiawi hehe. Di sisi lain dengan situasi kayak gini aku juga ngerasa bersyukur. Akhirnya ini saatnya Allah kasih kesempatan buat aku latihan biar bisa bener-bener jadi anak yang mandiri sepenuhnya. Aku mesti bisa ngehandle kehidupan aku sendiri tanpa sedikitpun manja-manja sama kakak.

Bulan pertama ampun ngerasa ga kuat. Biasanya apa-apa sama kakak, ini sekarang apa-apa bener-bener sendiri hueee. Mau sedih bagaimanapun juga ga ada abisnya, ga ada gunanya. Ya memang ada saatnya toh manusia memang memasuki tahap pernikahan. Mungkin diriku aja yang terlalu mendramatisir hehe. Kebanyakan nonton film drama sepulang kerja, jadi apa-apa dibawa baper. Situasi gini emang ga gampang adaptasinya. Tapi selama ada kemauan yang keras inshaa Allah bisa. Mau sampai kapan aku bergantung terus sama kakak. Pasti suatu saat nanti akan ada saatnya dimana aku memang harus sendiri menjalani hidupku.

Semangaatt riaaaaa 🙂

“Tak satu makhluk pun di dunia ini bisa terus ada di samping kita. Terkadang setiap kehilangan mempertemukan kita dengan pertemuan, dan terkadang juga tidak. Datang & pergi, pergi & datang, semua itu kehendak Allah yang diluar akal kita. Kita hanya perlu menjadi sebaik-baiknya seorang muslim. Yang pasti ada pelajaran disitu yang pengen Allah kasih. Ada kekuatan & hikmah tersendiri yang terlahir di setiap kehilangan yang mampir dihidupmu. Meskipun tidak mudah tapi percayalah kamu bisa. Allah selalu lebih tahu yang terbaik untukmu”

Leave a Reply

